Peristiwa Besar Di Bulan Ramadhan






Peristiwa Besar di Bulan Ramadhan


Menahan diri dari lapar dan dahaga saat bulan ramadhan bukan berarti kaum muslim harus menghentikan aktivitas. Sejarah mencatat, terdapat banyak peristiwa-peristiwa penting yang terjadi justru pada bulan ramadhan.







1. Nuzurul Quran
Merupakan turunnya wahyu Allah Subhanahu wata’ala yang pertama kali kepada Nabi Muhammad shalallahu’alaihi wassalam ketika beliau melakukan khawat di gua Hira. Peristiwa ini bertetapan dengan tanggal 17 Ramadhan.

2. Turunnya perintah puasa dan pemindahan kiblat
Awalnya arah kiblat umat islam ke Baitul Maqdis, Palestina. Orang yahudi merasa lebih besar karena puasa dan kiblat mereka diikuti kaum muslimin. Namun akhirnya turun perintah agar arah kiblat diganti ke Masjidi Haram. Al hasil berbedalah kaum muslimin dengan ahli kitab sehingga menjadi jelas mana yang haq dan mana yang batil.

3. Turunya kitab-kitab suci
Allah subhanahu wata’ala menurunkan kitab-kitabnya kepada para Rasul di bulan Ramadhan. Dalam sebuah hadist diriwayatkan:”Shuhuf Ibrahim kepada malam pertama di bulan Ramadhan. Taurat diturunkan pada 6 Ramadhan, Injil diturunkan pada 13 Ramadhan sedangkan Al-Qur’an diturunkan pada 24 Ramadhan” (Riwayat Ahmad).

4. Perang Badar
Perang pertama dan terbesar yang terjadi semasa hidup Rasulullah. Kaum muslimin memperoleh kemenangan besar. Allah menyebutnya dalam Al-Qur’an sebagai Yaumul furqan atau hari pembeda antara yang haq dan yang batil.

5. Perang Khandaq (Perang Al-Ahzab)
Terjadi pada tahun 5 H di bulan Ramadhan. Dalam perang ini Allah SWT juga memberikan kemenangan kepada tentara Islam.

6. Fathul Makkah
Terjadi pada 21 Ramadhan 8 H. Keberhasilan menaklukan kota Makkah dari penguasaan kaum kafir Quraisy merupakan kemenagan besar yang diberikan Allah kepada Rasulullah dan umat Islam. Apalagi pembebasab kota Makkah tidak melibatkan pertumpahan darah. Proses pembebasannya berlangsung secara damai dan penuh dengan aksi simpatik. Rasulullah bersama sahabat meninggalkan Madinah menuju Makkah pada 10 Ramadhan dan mulai memasuki kota Makkah pada 21 Ramadhan.

7. Perang Qadisiah 
Perang ini terjadi pada bulan Ramadhan 15 H. Dalam peperangan itu, umat islam berhasil menaklukkan kerajaan parsi.

8. Tentara Islam mendarat di Andalusia
Peristiwa ini terjadi pada Ramadhan 91 H. Setahun kemudian, tentara Islam dibawah komando Thariq Bin Ziyad berhasil mengalahkan Raja Roderick.

9. Salahuddin Al-Ayyubi mengalahkan tentara salib
Perang salib terjadi pada pertengahan bulan Ramadhan 584 H. Ketika tiba bulan Ramadhan penasihat-penasihat Salahuddin menyarankan agar ia beristirahat karena usianya yang sudah tua. Tetapi Salahuddin menjawab “Umur itu pendek tapi ajal selalu mengancam”. Tentara Islam berperang dan Berjaya.

10. Penaklukan Tentara Mongol
Penguasa Mesir, Saifudin Qutha, menggerakan pasukan menuju ke syam untuk menhalangi tentara Mongol (yang baru saja menghancurkan Daulat Abbasiyah yang melumat pusat ilmu dan pengetahuan di baghdad). Dua pasukan besar bertemu di ‘Ain Jalut (terletak di Palestina). Sejarah mencatat disinilah akhirnya pasukan Mongol ditumpas oleh kaum Muslim pada bulan Ramadhan 685 H.

11. Kemerdekaan Indonesia
Tanggal 17 Agustus 1945 adalah hari jum’at dibulan Ramadhan. Negeri Muslim terbesar di dunia ini beba belenggu penjajahan kolonialis Belanda.


Demikian informasi dari saya Cara, Tips dan Informasi tentang Peristiwa Besar Di Bulan Ramadhan. Semoga bermanfaat bagi anda..



0 komentar to "Peristiwa Besar Di Bulan Ramadhan"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.
SEO Reports for cara-tips-dan-informasi.blogspot.com My Ping in TotalPing.com

Blog Ini Dilindungi Oleh :

About This Blog

Selamat Datang Di Blog Cara, Tips dan Informasi.... Cara, Tips dan Informasi menyajikan berbagai Cara, Tips, Informasi, & berbagai Download... Semoga bermanfaat..

Popular Posts

Label

Translate

Followers

Iklan

Pasang Iklan disini
Pasang Iklan disini

Powered by 123ContactForm | Report abuse