Menjaga Kesehatan telinga






Menjaga Kesehatan Telinga. Para sobat blogger kali ini saya cara-tips-dan-informasi akan memberikan  beberapa tips Bagaimana Menjaga Kesehatan Telinga. Lokasi dan fungsi dari telinga, hidung dan tenggorokan berhubungan erat.
Kelainan pada organ-organ tersebut didiagnosis dan diobati oleh dokter spesialis yang disebut otolaringologis.

Telinga merupakan organ untuk pendengaran dan keseimbangan, yang terdiri dari telinga luar, telinga tengah dan telinga dalam.
Telinga luar menangkap gelombang suara yang dirubah menjadi energi mekanis oleh telinga tengah. Telinga tengah merubah energi mekanis menjadi gelombang saraf, yang kemudian dihantarkan ke otak. Telinga dalam juga membantu menjaga keseimbangan tubuh.

Telinga merupakan salah satu indera yang terdapat pada manusia. Seperti yang kita ketahui, ada lima indera pada diri manusia yaitu indera penglihatan, pendengaran, perasa, penciuman, dan pengecap. Semua indera tersebut berperan sangat penting dalam segala rutinitas dan kehidupan yang kita jalani saat ini. Oleh karena itulah, menjaga kesehatan lima indera termasuk indera pendengaran atau telinga sangat penting dan tidak boleh kita abaikan begitu saja.
Telinga merupakan indera yang berfungsi sebagai alat pendengaran mungkin ada orang sekitar anda, yang pendengarannya kuran normal, maka sewaktu kita ajak ngobrol akan sulit nyambungnya, atau orang yang tidak bisa mendengar, otomatis dia akan bisu. karena tidak ada suara yang ia tangkap.
Berikut beberapa tips untuk menjaga kesehatan telinga anda :
1. Usahakan menghindari atau menjauhi tempat-tempat yang terlalu bising. Tempat-tempat tersebut seperti jalan raya, studio musik, atau mendatangi konser juga bisa memperparah organ pendengaran. Gunakan alat seperti helm dan standart yang baik pelindung telinga saat berkendara.
2. Usahakan tidak menggunakan earphone atau pengeras suara yang dipasangkan ke telinga anda. Tanpa disadari, mendengarkan musik dengan menggunakan earphone apalagi dengan volume yang terlalu keras  bisa menyebabkan gangguan pendengaran. Paparan kebisingan diatas 100 dB selama lenih dari satu jam setiap hari selama lima tahun dapat menyebabkan seseorang menderita kehilangan pendengaran secara permanen.
 Usahakan menggunakan cotton bud untuk membersihkan telinga pada bagian rongga luar telinga saja dan jangan sampai kebagian telinga bagian dalam. Ini dikarenakan, kotoran pada telinga bukannya keluar tapi makin masuk ke dalam telinga anda. Karena terdorong oleh cotton bud yang anda tekan masuk ke dalam telinga anda. Selain itu, jika kapas tertinggal di dalam akan menyumbat gendang telinga sehingga pendengaran berkurang. Jika tidak bisa menghilangkan kebiasaan membersihkan telinga dengan cotton buds, sebaiknya lebih hati-hati dalam menggunakannya, jangan sampai cotton buds menggores atau menusuk gendang telinga. Cara yang sederhana, gunakan handuk lembut direndam air hangat. Bersihkan bagian luar dari lubang telinga secara perlahan.
3. Tidak hanya kotoran yang bisa mengganggu telinga, ada beberapa jenis benda yang bisa membahayakan kesehatan telinga, kira-kira bagaimana penanganannya?
                Saat kita berenang, keramas atau bahkan mandi, kadang air tidak sengaja akan masuk ke dalam telinga. Anda tidak perlu khawatir jika air yang masuk air bersih, karen air yang masuk akan keluar dengan sendirinya. Namun jika yang masuk air kotor, anda harus hati-hati, karena air kotor bisa saja semakin menumpukkan kototrannya didalam telinga, untuk itu segeralah periksa ke ahli THT untuk penanganan lebih lanjut.
                Serangga kecil atau semut bisa juga mengganggu telinga. Ketidaksengajaan serangga yang masuk ke dalam telinga bisa membuat telinga anda infeksi dan terasa nyeri akibat gigitannya. Untuk itu perhatikan alas tidur anda, pastika tidak ada serangga yang bisa masuk dalam telinga.
                Demikian tips - tips bagaimana Menjaga Kesehatan Telinga dari cara-tips-dan-informasi.blogspot.com, semoga kita bisa menjaga telinga kita, yang merupakan karunia tidak ternialai harganya. Juga tidak lupa, selain menjaga fisik telinga, juga harus kita jaga supaya kita mendengar yang baik-baik saja. Karena semua nanti akan dimintai pertanggung jawaban, termasuk telinga kita.              


Disampaikan oleh : Dr. Rudi Artono Sp.THT-KL



0 komentar to "Menjaga Kesehatan telinga"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.
SEO Reports for cara-tips-dan-informasi.blogspot.com My Ping in TotalPing.com

Blog Ini Dilindungi Oleh :

About This Blog

Selamat Datang Di Blog Cara, Tips dan Informasi.... Cara, Tips dan Informasi menyajikan berbagai Cara, Tips, Informasi, & berbagai Download... Semoga bermanfaat..

Popular Posts

Label

Translate

Followers

Iklan

Pasang Iklan disini
Pasang Iklan disini

Powered by 123ContactForm | Report abuse